Bagaimana Menjadi Sukses Di Usia Muda

Setiap orang pasti memiliki Impian namun impian itu hanya tinggal mimpi jika kita tidak memiliki semangat,tidak memilki mental petarung,tidak fokus.

Apakah keingin menjadi orang kaya raya dan menjadi jutawan adalah sesuatu hal yang berlebihan? tentu tidak! sah – sah saja setiap orang memiliki cita – cita menjadi kaya.

Definisi kaya itu sebenarnya tergantung dari diri kita sendiri, tapi yang pasti Anda sudah bisa – bukan hanya untuk bertahan hidup tetapi juga menikmati hidup.

Bagaimana Cara Cepat Kaya?

Jika Anda ingin menjadi orang kaya , apakah cukup ‘hanya’ dengan menabung? Tentu saja tidak. Dan orang kaya tidak pernah menggandakan uang mereka dengan cara seperti ke gunung kawi.

Berikut ini adalah beberapa tips dari orang-orang sukses untuk Anda yang ingin CEPAT KAYA!

1. Investasi Bukan Menabung

Apa maksudnya poin ini? Semua manusia di dunia ini sama-sama punya 24 jam sehari dan itu sebenarnya waktu yang tidak dianggap selalu kurang dan selalu kurang. Jadi, kalau Anda lembur untuk menjadi kaya, pikirkan efeknya – Anda jenuh atau Anda bisa sakit. Maka dari itu, meningkatkan nilai income Anda tentu jauh lebih efektif daripada menambah jam kerja Anda, bukan?

Bagaimana cara meningkatkan income? Cobalah untuk mengambil peluang bisnis yang bisa dikerjakan tanpa membuat Anda meninggalkan pekerjaan utama. Salah satu peluang bisnis yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama adalah dengan menjalankan bisnis online.

Apa saja contoh bisnis online yang bisa dikerjakan? Silahkan baca penjelasan singkatnya di artikel tentang bisnis online. Perlu diperhatikan juga bahwa bisnis internet bukanlah bisnis cepat kaya karena membutuhkan proses agar bisa sukses. Mulai dari belajar, praktek, dan mengulang semua proses belajar dan praktek untuk meningkatkan profit sehingga Anda menjadi orang kaya.

2.Tingkatkan Income, Bukan Jam Kerja

Masih banyak orang yang ingin cepat kaya raya dengan cara menabung. Menurut saya ini cara yang keliru. Buktikan sendiri, apakah dengan cara menabung Anda bisa cepat kaya mendadak? Memang cara ini tidak salah namun tentu saja proses Anda menjadi orang kaya menjadi lambat, mengapa? Perhatikan nilai uang Anda yang tidak bertambah dan bahkan cenderung menurun setiap tahun, mungkin karena inflasi dan sebagainya.

Oleh karena itu, coba cari jalan lebih efektif dengan berinvestasi ke properti yang bisa memberikan penghasilan sekitar 15%-50%, berinvestasi ke bisnis yang bisa memberi hasil sekitar 20%-100%, dan sedikit deposito yang memberi bunga 6%-7%. Dengan nilai investasi yang semakin besar maka kekayaan Anda akan bertambah dengan sendirinya.

3. Bijaksana Dalam mengatur keuangan

Tidak dipungkiri ketika seseorang punya uang banyak maka yang dipikirkan adalah “uang ini mau dibelikan apa?”. Ya setidaknya berguna untuk memamerkan ke orang lain bahwa kita punya uang.

Siapa tidak suka dengan barang-barang mewah? Siapa pula yang tidak berdecak kagum dan mengatakan bahwa seseorang menjadi sukses ketika punya barang mewah? Tapi, pikirkan terlebih dahulu, apakah Anda sudah sanggup merawat barang mewah tersebut? Ini bukanlah cara menjadi orang kaya, karena hanya akan menghabiskan lebih banyak uang Anda.

Barang mewah menuntut maintenance! Belum lagi kalau Anda memberi barang mewah dengan cara menyicil, hmmm. Jadi, daripada mementingkan gengsi, lebih baik bijak. Gunakan uang yang Anda punya untuk hal yang jauh lebih penting – menggunakan uang untuk barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh apakah Anda sudah punya uang lebih daripada barang yang Anda punya, semisal Anda membeli mobil Eropa maka Anda tentu harus punya uang lebih besar daripada harga Anda membeli mobil tersebut, bukan?

4. Hindari Hutang yang Tidak Menghasilkan

Kalau bisa untuk hal apapun jangan sampai berhutang. Namun, terkadang keadaan memaksa kita untuk berhutang untuk mendapatkan sesuatu yang benar-benar kita butuhkan. Bila hal ini terjadi pada Anda (berhutang), bijaklah menggunakan uang yang Anda pinjam tersebut.

Orang bijak akan menggunakan uang dari berhutang untuk membangun/ mengembangkan bisnis atau berinvestasi, sedangkan orang bodoh berhutang hanya demi membeli barang mewah dan gaya hidup. Bisnis dan aset bisa berkembang dan menghasilkan lebih banyak uang, sedangkan nilai barang-barang mewah pasti menurun dan Anda akan mengalami kerugian. Jadi, pikirkan baik-baik penggunaan uang Anda.

Jika istri/ suami Anda ingin meminjam uang (berhutang), pastikan bahwa hutang tersebut untuk usaha atau bisnis jangka panjang, bukan untuk membeli barang mewah atau gaya hidup. Atau bila memang hutang tersebut untuk membeli sesuatu, pastikan itu untuk membeli properti.

Jangan pernah membiasakan diri untuk membeli sebuah barang mewah dengan cara mencicil. Awalnya memang cicilan terasa kecil, tapi cicilan ini lambat laun akan merusak arus keuangan Anda. Dan pada akhirnya penghasilan Anda bisa habis hanya untuk bayar cicilan.

5. Belajar dan Terus Belajar

Ya, cara menjadi kaya adalah proses belajar dan belajar terus, baik itu belajar dari orang lain ataupun dari pengalaman orang lain. Biasanya seseorang yang berpenghasilan 5 juta sebulan pasti hanya tahu caranya mendapatkan Rp 5 juta sebulan, lalu Anda belajar bagaimana cara mendapatkan penghasilan Rp 10 juta per bulan, lalu Rp 20 juta per bulan, begitu seterusnya.

Oleh karena itu, jangan berhenti belajar. Investasikan uang Anda untuk belajar sebuah ilmu atau pengetahuan dari orang lain agar meningkatkan ‘nilai jual’ Anda untuk meraih karir yang lebih baik.

Anda butuh ilmu yang berbeda. Jadi, bagaimana? Tentu saja Anda bisa memperluas pergaulan Anda, tinggalkan zona nyaman. Punya influencer juga bisa memotivasi Anda untuk menjadi kaya, perhatikan kata-kata mereka dan perhatikan apa saja sepak terjang mereka!

6. Selalu Bersyukur

Apapun kondisi Anda saat ini, sudah selayaknya untuk tetap bersyukur kepada yang maha kuasa. Orang kaya yang memulai bisnis dari nol hingga sukses pasti sering bersyukur dan bersedekah. Rasa syukur ini adalah awal yang baik untuk memulai semua kegiatan yang akan Anda lakukan jika ingin cepat kaya dan berhasil dalam setiap kegiatan. Rasa bersykur akan membuat kita lebih mudah mendapatkan hal-hal positif yang ada di sekitar kita.

Selain bersyukur, bersedekah adalah cara Anda membantu orang lain yang lebih membutuhkan, dan ini membuat Anda bisa menyerap hal-hal positif di sekitar Anda yang akan membuat Anda cepat kaya. Sedekah itu bukan konsep memberi lalu menerima lebih besar, itu keliru. Memberi/ bersedekah konsepnya adalah merelakan yang kita miliki kepada orang lain tanpa berharap ada imbalan.

Di dalam diri manusia selalu ada keinginan untuk memberikan sesuatu pada orang lain. Dengan memberi, seorang manusia merasa bermanfaat bagi sekitarnya dan membuat orang tersebut menjadi lebih bahagia. Manusia yang bahagia akan bekerja lebih baik dan efektif dibanding orang yang bekerja sambil merengut. Hal inilah kemudian yang akan membuat seseorang mencapai tujuannya dengan segera, misalnya menjadi cepat kaya.

Menjadi orang kaya raya bukanlah sesuatu yang muluk-muluk, cara-cara yang disebutkan di artikel ini tentu bukan sesuatu yang muluk-muluk bukan? Cara cepat kaya dan menjadi jutawan bisa dilakukan dengan mengatur apa yang Anda punya saat ini dengan cara yang baik dan efektif.

Ingat pula! Menjadi kaya tujuannya bukan untuk dipandangan orang lain, tetapi yang lebih penting adalah cara pandang Anda terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Anda yang tahu seberapa menikmati hidupkah Anda. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan uang secara bijak, bukan sekadar ambisi dan gengsi yang seringkali malah menjatuhkan seseorang. Semoga artikel ini menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *