7 langkah Strategi Promosi Penjualan Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Anda

Tujuan utama kita membuat usaha tentunya ingin produk atau jasa kita dibeli oleh banyak konsumen. Tentunya untuk lebih mengenalkan produk atau jasa kita kita memerlukan strategi promosi penjualan. Promosi adalah bagian penting dalam memajukan bisnis atau usaha yang sedang kita jalani.

Dengan promosi, tempat usaha atau outlet kita jadi lebih banyak diketahui konsumen. Hasilnya, tempat usaha kita akan didatangi banyak pelanggan dan sudah pasti akan meningkatkan pendapatan kita.

Yang perlu kita ketahui dari strategi promosi penjualan adalah tujuannya. Penting sekali bagi kita memahami tujuan usaha kita melakukan strategi promosi penjualan sebelum membuat dan melaksanakan strategi promosi penjualan tersebut.

Strategi promosi penjualan untuk peningkatan omzet

Ada tujuh tujuan utama strategi promosi penjualan yang harus kita ketahui. Semuanya bertujuan untuk memberikan penawaran menarik kepada pelanggan.

1. Meningkatkan volume

Strategi promosi penjualan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tujuan jangka pendek bisnis kita. Bisa dilakukan untuk menghabiskan stok lama, mengurangi stok yang ada di gudang atau untuk memenuhi stok yang ada di tingkat pengecer. Misalnya dengan dikemas dalam bentuk “Cuci Gudang”.

Tentu akan banyak pembeli yang datang dalam masa promosi ini. Strategi promosi penjualan ini dapat menggiring orang menjadi pelanggan setia.

Strategi ini sering diaplikasikan oleh para peritel besar yang sering menggelar event cuci gudang dengan diskon besar dalam waktu-waktu tertentu seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

Hal ini terbukti ampuh menggiring konsumen untuk berburu produk-produk yang ditawarkan.

2. Meningkatkan pembeli coba-coba

Strategi promosi penjualan juga bisa membuat pembeli potensial datang untuk menggunakan produk atau jasa kita.

Pembeli potensial adalah orang yang nggak pernah menggunakan produk atau jasa kita atau hanya pernah menggunakan produk atau jasa sejenis dari pesaing kita.

Mereka nggak akan pernah membeli produk kita dalam jumlah besar sebelum tahu bahwa mereka menyukai produk atau jasa kita.

Strategi promosi penjualannya bisa kita lakukan dengan cara :

  • Memberikan sampel gratis atau kupon untuk mencoba sehingga calon pembeli dapat mencoba produk atau jasa kita.
  • Memberikan manfaat tambahan sehingga produk atau jasa kita tampak superior dibandingkan produk sejenis.

Jenis promosi ini memang terdengar seperti rugi diawal tetapi efeknya bisa dirasakan dengan meningkatnya jumlah konsumen baru dalam jangka panjang.

3. Meningkatkan pembelian ulang

Strategi promosi penjualan dengan cara promosi pembelian kembali bisa digunakan untuk meningkatkan pembelian tetap atau pembelian dalam jumlah besar. Kita bisa gunakan cara-cara efektif seperti : kupon di dalam produk yang berisi potongan harga bagi pembelian selanjutnya. Menggunakan cara “beli tiga gratis satu” atau menggunakan cara “ 10 kupon gratis satu

4. Meningkatkan loyalitas

Promosi loyalitas berbeda strategi promosi penjualan seperti pemberian diskon langsung. Promosi loyalitas lebih ke memberikan daya tarik berupa manfaat jangka panjang kepada konsumen.

Contohnya adalah anda memberikan sebuah kupon berisi manfaat tertentu. Bagi siapa saja yang mendapatkan kupon tersebut berhak menjadi anggota klub yang di dalamnya berisi fasilitas-fasilitas yang anda berikan secara khusus.

5. Memperluas kegunaan

Pada saat kegunaan awal suatu produk atau jasa mulai menghilang, kita harus segera memperluas kegunaan produk atau jasa kita.

Misalnya, dengan sistem pesan antar. Bila ada pelanggan yang pesan, bisa langsung diantar ke rumah atau tempat dia berada.

6. Menciptakan ketertarikan

Kita harus punya cara agar pelanggan tetap datang ke tempat usaha kita. Terkadang hal-hal yang terdengar sepele tetapi bisa berdampak positif bagi usaha kita.

Seperti menata ulang dekorasi tempat usaha atau dengan mengubah tampilan cat outlet setiap tahun bisa memberi aura positif di mata konsumen. Dengan begitu pelanggan nggak bosen datang ke outlet kita.

7. Menciptakan kesadaran

Beberapa strategi promosi produk sangat efektif untuk membuat orang menyadari akan suatu produk.

Kalau anda punya biaya lebih rekrut orang dan buat tim penjualan, gunakan tim penjualan tersebut untuk mempromosikan produk atau jasa anda. Dengan begitu, makin banyak peluang penjualan yang kita dapat.

Demikian beberapa strategi promosi yang dapat anda terapkan dalam bisnis anda. Semoga dengan 7 strategi promosi di atas omzet bisnis anda dapat meningkat lebih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *